Pacaran Bertahun-tahun Tapi Belum Siap Nikah, Kenapa?

Ada pasangan yang sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun. Namun, mereka masih enggan atau belum siap menikah. Apa ya sebabnya?

Menanggapi hal ini, psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Pustika Rucita MPsi, Psikolog atau akrab disapa Cita mengatakan, hal ini bisa terjadi karena alasan yang bermacam-macam. Misalnya saja pasangan memiliki prioritas lain.

“Kasus seperti ini banyak banget ya. Biasanya alasannya memiliki prioritas lain seperti karir, finansial dan lain-lain,” ucap Cita kepada detikHealth baru-baru ini. Lebih lanjut, Cita mengatakan sebetulnya tanda pasangan yang belum yakin untuk melanjutkan ke hubungan yang lebih serius sudah dapat terlihat dalam suatu hubungan. Ia memberi contoh pasangan yang cenderung menghindar saat membicarakan masa depan.

“Selain itu pasangan juga kalau sharing kebanyakan ngomongin tentang dia terus nggak ada melibatkan kita di masa depannya. Nah, itu tuh tanda-tandanya (pasangan belum siap menikah),” sambung wanita berhijab ini.

Namun, menurut Cita, si pasangan juga memiliki hak yang sama untuk menyampaikan harapan serta keinginan untuk menikah. Hal tersebut dilakukan agar sang pasangan mengetahui apa yang akan dihadapi dalam suatu hubungan.

“Kalau memang bisa dijembatani kasih waktu berapa lama silakan. Tapi kalau tidak bisa, mungkin hubungan itu perlu dievaluasi dan dipertimbangkan ulang agar ketemu jalan keluar yang terbaik,”

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.