KNKT Investigasi Penyebab Terbakarnya KM Zahro Express

Sedikitnya 17 orang dinyatakan masih hilang dalam tragedi terbakarnya Kapal Wisata Zahro Express di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Pencarian pun dilanjutkan oleh pihak Basarnas.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (2/1/2017) sejak pukul 08.00 WIB Pelabuhan Muara Angke sudah dipenuhi oleh petugas. Tampak polisi setempat, petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, petugas Basarnas dan KNKT sudah bersiaga di lokasi.

Tak lama sekitar pukul 08.05 WIB Kepala Basarnas Henry Bambang Soelistiyo tiba. Dia bermaksud mengecek lokasi terjadinya peristiwa kebakaran kapal yang menewaskan sedikitnya 23 tewas.

“Sistem operasi sudah berjalan, kehadiran suatu pimpinan tidak terlalu mutlak,” ujar Bambang di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Sementara itu sekitar pukul 08.27 WIB, Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT Kapten Aldrin Dalimunthe tiba di lokasi. Pihaknya meneruskan investigasi penyebab terjadinya kebakaran kapal secara teknis.

“Memperdalam data mengenai keberadaan dan juga mencari penyebab kapal ini secara teknis,” kata Aldrin.

Kedua otoritas ini melaksanakan tugasnya. Bambang menerjunkan satu kapal Rib 01 Basarnas untuk menuju ke lokasi puing kapal yang terbakar di tengah laut. Timnya itu akan mencari data sekaligus korban yang hilang sementara KNKT memulai investigasi mereka.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.